Review Windows 11, Apa Saja Yang Berubah ?

Review Windows 11, Fitur, Spesifikasi dan Tanggal Rilis – Seperti yang kita tahu, dunia teknologi akhir-akhir ini berkembang secara pesat, begitu juga dengan sistem operasi baik windows, android maupun mac secara bersamaan mencoba untuk mengupdate berbagai fitur kedalam sistem operasi mereka. Sejak beberapa hari yang lalu tersebar link download windows 11 akhirnya banyak sekali para pengguna windows yang penasaran, apa saja fitur yang di update di windows 11 tersebut.

Review Windows 11
Windows 11

Tapi apa perbedaan utama antara windows 10 dan windows 11, dan apakah itu cukup untuk membenarkan peningkatan? Kami telah mengumpulkan daftar perbedaan paling signifikan, sehingga Anda tahu peningkatan mana yang harus Anda nantikan saat beralih ke Windows 11. Jadi tanpa basa-basi lagi, mereka adalah:

Design Taksbar Yang Baru

Perubahan paling jelas untuk Windows 11 adalah taksbar yang baru, yang terlihat sangat mirip dengan tata letak macOS. Ini terlihat jauh lebih bersih daripada rekan Windows 10, yang memakan setengah dari panjang desktop dengan bilah pencarian panjang yang ditambahkan di tengah.

Klik Start Menu pada Windows 10, dan Anda akan melihat daftar semua program yang diinstal pada PC Anda. Anda juga mendapatkan tampilan Weather, dengan melihat cuaca, album foto Anda, dan berbagai aplikasi Microsoft.

Menu Mulai Windows 11 malah menampilkan aplikasi yang disematkan, dengan bilah pencarian yang memungkinkan Anda menemukan program yang jarang digunakan. Ada juga bagian yang direkomendasikan yang menunjukkan aktivitas terbaru Anda sehingga Anda dapat langsung kembali ke dokumen kata, spreadsheet, atau proyek Photoshop yang terakhir digunakan. Ini menghasilkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi, bahkan memungkinkan Anda menyelaraskan bilah tugas ke kiri layar jika Anda lebih suka tata letak yang lebih lama.

Peningkatan multitasking dengan Snap Desktop

Windows 10 sudah memungkinkan Anda untuk melihat beberapa jendela secara bersamaan, tetapi ini adalah urusan drag-and-drop, yang dapat terlihat sangat berantakan dan memiliki banyak ruang untuk kesalahan.

Windows 11 memperkenalkan Snap Layouts, yang membuatnya lebih mudah untuk membuka banyak jendela sekaligus. Cukup pilih dari salah satu templat yang berbeda, dan jendela serta aplikasi yang Anda pilih akan secara otomatis masuk ke tempatnya dan mengubah ukurannya. Microsoft memamerkan fitur ini, dengan Powerpoint, Edge, dan Teams semuanya ditampilkan secara bersamaan, dan terlihat sangat apik.

Integrasi Obrolan Tim

Aplikasi perpesanan Microsoft Teams diluncurkan kembali pada tahun 2017, dua tahun setelah rilis Windows 10. Dengan demikian, itu menjadi aplikasi opsional sebagai alternatif untuk orang-orang seperti Slack.

Untuk Windows 11, Teams akan memainkan peran yang jauh lebih besar. Fungsi Obrolan akan dibangun ke dalam bilah tugas utama, membuatnya sangat mudah dan cepat untuk mengirim pesan ke kolega atau teman. Anda juga dapat memulai panggilan video melalui layanan, bahkan memungkinkan Anda untuk menghubungi mereka yang ada di platform Android dan iOS. Dan jika teman Anda tidak menginstal Teams, Anda masih dapat berkomunikasi melalui SMS dua arah.

Aplikasi Android di Microsoft Store

Microsoft sedang membangun kembali Microsoft Store dari bawah ke atas untuk Windows 11, memperkenalkan tata letak yang lebih bersih dan lebih terorganisir. Perubahan terbesar di sini, adalah bahwa Microsoft Store akan mendukung aplikasi Android melalui Appstore Amazon.

Ini berarti Anda akan mendapatkan akses ke perpustakaan aplikasi yang jauh lebih besar kali ini, meskipun aplikasi Android akan ditampilkan dalam tampilan vertikal seperti ponsel yang tidak dioptimalkan untuk monitor komputer. Kegunaan aplikasi semacam itu masih harus dilihat, tetapi itu berarti Anda dapat merekam dan memposting video untuk Tik Tok langsung dari perangkat Windows Anda.

Microsoft juga akan memperkenalkan lebih banyak aplikasi asli ke Microsoft Store untuk Windows 11, termasuk Visual Studio, Disney+, Adobe Creative Cloud, Zoom, dan Canva.

Peningkatan di Fitur Gaming

Tidak diragukan lagi, Windows 11 akan menjadi sistem operasi yang lebih baik daripada Windows 10 dalam hal bermain game.

Yang pertama akan meminjam beberapa fitur Xbox Series X untuk meningkatkan kualitas visual game, seperti Auto HDR yang secara otomatis menambahkan peningkatan HDR ke game yang dibangun di DirectX 11 atau lebih tinggi. Microsoft menunjukkan Skyrim sebagai contoh, dan warna yang ditingkatkan segera terlihat jelas.

DirectStorage baru juga akan memungkinkan mereka yang memiliki NVMe SSD berkinerja tinggi untuk melihat waktu pemuatan yang lebih cepat, karena game akan dapat memuat aset ke kartu grafis tanpa ‘menghambat’ CPU.

DirectX 12 Ultimate juga akan didukung, memastikan Anda bisa mendapatkan performa gaming terbaik saat dipasangkan dengan komponen kelas atas. Singkatnya, Anda ingin menginstal Windows 11 jika Anda seorang gamer PC.

Spesifikasi Yang di Rekomendasikan Untuk Mengupdate ke Windows 11

Untuk spesifikasi agar dapat menginstall windows 11 , anda dapat melihat pada gambar dibawah ini.

Windows 11 Windows 10
Processor 1GHz or faster with 2+ cores on a 64-bit processor/SoC 1GHz or faster processor/SoC
RAM: 4GB 1GB for 32-bit / 2GB for 64-bit
Storage 64GB or more 16GB for 32-bit / 20GB for 64-bit
System firmware: UEFI, Secure Boot capable N/A
TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0 N/A
Graphics card: DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display: 720p display that is greater than 9-inch diagonally, 8 bits per colour channel 800 x 600 display
Internet access required? Yes

Leave a Comment